Jumat, April 19, 2024
BerandaNewsGempa Susulan Masih Terjadi di Karangasem

Gempa Susulan Masih Terjadi di Karangasem

 

UPDATEBALI.com, KARANGASEM – Gempa susulan masih terjadi di Karangasem, Bali, pada Selasa (13/12/2022) malam, pukul 22.32 WIB di koordinat 8,23 Lintang Selatan dan 115,58 Bujur Timur, dengan Magnitudo 3,3.

Badan Meteolorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dalam laman resminya, Selasa (13/12/2022) malam, mencatat setidaknya terjadi lima kali gempa bumi dengan magnitudo bervariasi sejak pukul 16.56 WIB.

Baca Juga:  Resmikan Fasilitas Baru di Pura Agung Besakih, Jokowi Minta Dirawat dan Dikelola

Gempa pertama berkekuatan magnitudo 4,8, kemudian 4,7, dan ketiga mencapai magnitudo 5,2, kemudian 4,6, yang semuanya berpusat di laut ke arah timur laut Karangasem.

Akibat rentetan gempa tersebut, setidaknya delapan rumah dan satu balai masyarakat rusak di Karangasem, saat gempa berkekuatan magnitudo 5,2 yang mengguncang pada pukul 17.38 WIB.

{bbbanner}

Baca Juga:  Fapet Unud Gelar Pengabdian Kepada Masyarakat, Tanam 1.250 bibit Hijauan Pakan Ternak (HPT) Unggul di Farm Pengotan Bangli

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karangasem dan melaporkan dua kecamatan yang merasakan guncangan, yakni Kecamatan Kubu dan Manggis.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengonfirmasi bahwa gempa di wilayah Karangasem, terjadi akibat adanya aktivitas Sesar Naik Flores (Flores back arc thrust).

Baca Juga:  Resmi Dilantik, ASDI Bali Bertekad Bangun Indonesia dengan Skenario Terbaik

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas Sesar Naik Flores," ujarnya.

Gempa juga terasa di berbagai wilayah sekitar Karangasem, seperti Tabanan, Kuta, Buleleng, hingga Nusa Tenggara Barat, antara lain Mataram, Lombok Utara, Lombok Tengah, Lombok Barat, dan Lombok Timur.(ub/antara)

BERITA TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments